Sabtu, 24 September 2016

Tips Mengontrol Emosi Ketika Marah [Tips Galau]

Ilustrasi (Sumber : http://www.freepik.com/)

Pernah Saya juga merasakan marah yang sangat amat dikarenakan manusia memiliki "Hati" yang selalu berubah - rubah perasannya setiap detik, setiap waktu. 

Manusia juga selalu cenderung mempermainkan perasaan, jika kita yang menjadi obajek, kita yang menjadikan oranglain sebagai objek untuk sebuah penderitaan "hati"

Marah adalah sebuah bentuk emosi, ketika kita merasa dihina, disindir, dan di caci maki. Tidak banyak yang bisa memadamkan emosi yang sangat berbahaya jika tidak segera di turunkan emosinya.
Berikut ini adalah tips galau dari saya untuk Anda yang sering terpancing emosinya :

1. MELATIH KESABARAN
Kunci supaya  tidak emosi adalah dengan melatih kesabaran. Jika Kamu sering bahkan mudah terprofokasi, mulai dari sekarang Kamu harus melatih kesabaran. Bagaimana caranya? jangan berteman dengan orang yang sering memprofokasi.

Yups, pilihlah teman yang baik, yang bisa saling mengingatkan. Atau jika memiliki tetangga yang sering memprofokasi alangkah baiknya untuk tidak sering nongkrong bersama tetangga seperti itu. Lebih baik gunakan waktu nongkrong itu dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

Memang penting bersosialisasi tapi dibatasi waktunya supaya tidak merugikan diri sendiri.
2. MAKAN - MAKANAN YANG SEDIKIT MENGANDUNG GARAM
Buat yang sering tersulut emosinya, Saya sarankan menjaga pola makan. Yups ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh Kamu yang sering dan bahkan mudah marah.

Kenapa harus dihindari? Makanan saat ini kebanyakan ditambah penyedap rasa dan juga tinggi garamnya. Hal inilah yang dapat memicu penyakit darah tinggi. Jika darah tinggi, Anda akan sulit untuk mengontrol emosi.
3. KONTROL TENSI DARAH ANDA
Sama seperti halnya pada point 2 diatas, Jika Anda memang terlahir dan memiliki riwayat darah tinggi, sebaiknya Anda harus mulai rutin meminum obat penurun darah tinggi dan menjauhi makanan yang bergaram.

Selain itu kontrol rutin dan teratur ke dokter Anda untuk mengatur tensi dan pola makan Anda.
4. SOSIALISASI 
Jika Anda ingin melatih emosi Anda, Anda memang di wajibkan untuk bersosialisasi. Dengan berteman Anda akan dihadapkan kepada kenyataan yang sebenarnya. Anda akan memiliki teman yang cengeng, rewel, tegas, pengen bener sendiri, pengen kerjaan cepet selesai, punya temen malas, dan sebaginya.

Dari berbagai karakter itulah Kamu akan belajar mengendalikan diri sehingga bisa menyelesaikan masalah Kamu. Memang tidak instan, karena semuanya butuh proses.
5. CARI PEMBIMBING
Bagi Saya pembimbing yang tepat adalah Al-qur'an dan Hadits atau Guru Ngaji. INGAT!!! Guru Ngaji ya, BUKAN SPIRITUAL :p.

Guru ngaji akan selalu mengingatkan kita kebaikan, dan perbuatan - perbuatan yang dilarang Allah. Selain itu dengan seringnya sharing batasan - batasan kita sebagai manusia akan jelas.
6. MENULIS BUKU
Buat Kamu yang sedang emosi, ketahuilah dari pada harus meluapkan kedalam bentuk sikap dan kemungkinan akan merusak sekagalanya. Merusak persaudaraan, merusak persahabatan, merusak barang - barang di rumah, bisa jadikan. Lebih baik menuangkannya kedalam buku, atau menulis dan mengetiknya di komputer.

Buat beberapa kalimat sederhana, dan setelah itu mengembangkannya menajdi beratus - ratus paragraf sehingga nanti Kamu secara tidak sadar bahwa Kamu sudah menyelesaikan sebuah Novel yang hebat.

Disitulah kadang Ide turun, dan saat seperti itulah kesadaran manusia akan menuju titik batasnya.
7. MENDALAMI AGAMA
Jika Kamu ingin belajar sabar, mengontrol emosi kuncinya SATU, dekatkan diri dengan pencipta Kamu. Kamu harus yakin bahwa dunia ini hanya sementara, dunia ini adalah titipan, Kita tidak akan kekal didalamnya.

Manusia ini hanya ciptaan yang dibekali hati. Dengan itu manusia begitu mudahnya dibolak balik hatinya. Mudah - mudahan artikel ini bisa diterima sebagai artikel untuk mengontrol hati yang sedang bergejolak :)

Penulis : Imad al badrawi
 Sabtu, 24 September 2016
E mail : imadanalis@gmail.com