Selasa, 13 September 2016

Cerita Dari Leluhur ; Kehidupan Pra Sejarah Klan Acha

Ilustrasi Manusia Purba (http://www.freepik.com)

Cerita ini adalah cerita yang diceritakan turun - temurun dari Buyut Saya, dan ini merupakan cerita bessar yang diwariskan dari Klan Acha Saputra. 

Ketika zaman berburu, Klan Acha merupakan keluarga yang berpindah - pindah, dari goa ke goa. Berburu Kijang, Domba, sapi, dan lain sebagainya. Keluarga masa prasejarah dari Acha ini, termasuk sekelompok keluarga yang bisa menaklukan segala rintangan.

Pada perjalanan perpindahan tempat, akhirnya keluarga awal Acha ini, menemukan tempat untuk menetap. Bukit Kehidupan, disitulah keluarga awal Acha mulai mengenal kebudayaan bercocok tanam, berkebun, dan tekhnik sederhana pertanian.

Leluhur Acha memiliki kekuatan magis dan pandangan yang sangat jauh ke masa depan, dari sanalah dia mendapatkan hal - hal yang tidak dimiliki oleh kelompok lainnya. Dan pada tahun - tahun berikutnya, Bukit Kehidupan itu, didatangi oleh manusia dari berbagai kelompok, dan membentuk suatu perkampungan awal prasejarah.

Bukit Kehidupan kini berkembang dengan teknologi pertanian sederhana, air mengalir dari bukit, melintasi gubuk - gubuk dari setiap kelompok masyarakat baru itu. Dengan penemuan dan pandangan yang visioner itu, maka setiap kelompok masyarakat mengajukan pembentukan suatu sistem pemerintahan untuk mengatur sumber daya alam yang ada di Bukit kehidupan, dan Karena penduduk awal dari Bukit Kehidupan adalah dari Klan Acha, maka Leluhur Saya adalah pemimpin Desa tersebut.

SANG PEMIMPIN KLAN DAN MASYARAKAT BUKIT KEHIDUPAN

Hari silih berganti, bulan silih berganti bulan, tahun pun berganti tahun. Klan Acha selalu membuat forum musyawarah dan mengajarkan untuk berdiskusi ketika sedang santai dan ketika setelah makan sore sebelum beranjak tidur.

Sang pemimpin dari Bukit Kehidupan yaitu yang berasal dari Klan Acha, dibebani oleh keputusan penduduk tentang kepemimpinannya itu. Banyak hal - hal yang terjadi, ketika sistem sosial masyarakat purba terbentuk, akan terjadi proses adaptasi dengan kelompok lainnya.

Banyak yang akan terjadi, Apakah boleh memiliki wanita atau lelaki dari kelompok lain? Apakah boleh memiliki panen / tanaman dari kelompok lain? Kelompok - kelompok tersebut akhirnya akan berselisih satu sama lain dan membatasi tanah - tanah mereka. 

Leluhur Acha pun akhirnya membuat keputusan dan peraturan untuk penduduk Bukit Kehidupan, selama generasi ke satu sampai dengan generasi ke Lima tidak ada perselisihan diantara kelompok pendatang tersebut. Semua kelompok hidup berdampingan dan menerima semua keputusan Keluarga Acha selama 500 tahun.

======= penjelasan tentang leluhur kelaurga Acha =====
Perlu di simak terlebih dahulu, keluarga Acha purba memiliki kemampuan sebagai berikut :
  • Mampu mengatur sistem kemasyarakatan 
  • Mampu melihat masa depan
  • Mampu mengelola Sumber Daya Alam
  • Mampu membuat "laboratorium" dan menciptakan hal baru sesuai perkembangan zaman

Ini merupakan sebuah tulisan khayalan, jadi baut Anda yang mau mengikuti terus cerita ini. Saya terkagum dengan keputusan Anda. Kisah fiktif ini semoga bisa menjelajahi dimensi waktu Anda.

Imad al Badrawi
Rabu, 14 September 2016
E mail : imadanalis@gmail.com