Sabtu, 15 Oktober 2016

Tips Menyiasati Berita - Berita di Media Sosial | Tips Galau

Sumber : Freepik.com

Saat ini pengguna media sosial sangat tinggi, hampir semua masyarakat Kita memiliki akun di berbagai media sosial. Satu orang bisa saja memiliki berbagai akun di berbagai media sosial, sebut saja Facebook, Twitter, path, instagram, dll.

Fenomena kejayaan internet dan media sosial selain dimanfaatkan oleh pemimpin penguasa juga dimanfaatkan oleh media - media besar yang mencari berbagai keuntungan.

Bagaimana Kita menyikapi hal tersebut ;

1. Jangan mudah terprofokasi
 Sebagai masyarakat biasa, alangkah baiknya Kita hanya menjadi pembaca saja, jangan men-share hal - hal yang mudah menimbulkan konflik. Apalagi jika Kita tidak memiliki latar belakang dan urusan tentang hal tersebut.
2. Hindari berita politik, SARA, dan AGAMA.
Ketiga hal ini sangat ramai dimedia sosial. Jika kita mendukung satu pilihan calon yang Kita idolakan bisa jadi Kita gelap mata dan membabi buta dalam empertahankan pilihan Kita, wajar saja hal itu dilakukan. Namun, Kita sekarang sadar, jika Kita salah sedikit saja dalam melakukan hal yang sentimentil, maka Kita akan berakhir di penjara.
3. Hati - Hati dengan Akun Palsu yang sering memprofokasi
Apakah Kamu yakin akun di media sosial itu Asli semua?
Apakah Kamu yakin "mereka" yang memiliki agenda tersembunyi tidak menggerakan banyak orang untuk memprofokasi keamanan negeri Kita?

Coba Kita renungkan kembali, jika teman Saya pribadi, memiliki 100 akun untuk jualan online, maka tidak menutup kemungkinan "mereka" itulah yang membikin gaduh di media sosial.
Penggunaan media sosial itu banyak di manfaatkan oleh beberapa oknum yang tidak senang dengan keharmonisan dan ke Bhinekaan Kita di Indonesia. Maka dari itu, dalam tips ini semoga saja ada beberapa kawan yang memperhatikan bahwa berita yang di muat oleh media konvensional baik itu media besar dan media lokal, harap di cermati baik - baik.

Banyak berita - berita yang memuat berbagai peristiwa namun seringnya berita itu di"lebihkan" bahkan ada yang tidak dimuat sedikitpun karena kelompok tertentu yang merugikan kepentingan mereka.

Yup, sampai pada ujung tulisan ini, semoga Anda bisa memaknai berbagai berita yang ada, dan mencermati sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan konflik bagi diri Anda sendiri.

Penulis : Imad al Badrawi
Minggu, 16 Oktober 2016
E Mail : imadanalis@gmail.com